Saturday 16 June 2012

TEKNIK PEMERIKSAAN MAMMOGRAFI
Sebuah mammogram, atau x-ray dari payudara, bersama dengan pemeriksaan payudara klinis (ujian dilakukan oleh dokter Anda) adalah cara yang paling efektif untuk mendeteksi kanker payudara dini. Mammogram memiliki keduanya manfaat dan keterbatasan. Sebagai contoh, beberapa kanker tidak dapat dideteksi oleh mammogram, tetapi mungkin terdeteksi oleh pemeriksaan payudara.
Memeriksa payudara Anda sendiri untuk benjolan atau perubahan lainnya yang disebut SADARI (BSE). Studi sejauh ini belum menunjukkan bahwa BSE saja mengurangi jumlah kematian akibat kanker payudara. BSE seharusnya tidak mengambil tempat pemeriksaan payudara klinis dan mammogram.
Mammogram adalah tes aman digunakan untuk mencari masalah dengan payudara wanita. Tes menggunakan, khusus dosis rendah mesin x-ray untuk mengambil gambar dari kedua payudara. Hasilnya direkam pada film sinar-x atau langsung ke komputer untuk seorang ahli radiologi untuk memeriksa.
Mammogram memungkinkan dokter untuk melihat lebih dekat untuk benjolan payudara dan perubahan jaringan payudara. Mereka dapat menunjukkan benjolan kecil atau pertumbuhan yang dokter atau wanita mungkin tidak dapat merasakan ketika melakukan pemeriksaan payudara klinis. "Mamografi" adalah alat skrining terbaik yang dokter untuk menemukan kanker payudara.
Jika benjolan ditemukan, dokter mungkin memerintahkan tes-tes lainnya, seperti USG atau biopsi - tes di mana sejumlah kecil jaringan diambil dari benjolan dan daerah sekitar benjolan. Jaringan dikirim ke laboratorium untuk mencari kanker atau perubahan yang mungkin berarti kanker adalah mungkin untuk mengembangkan. Payudara benjolan atau pertumbuhan bisa jinak (bukan kanker) atau ganas (kanker). Menemukan kanker payudara dini berarti bahwa seorang wanita memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bertahan hidup penyakit. Ada juga lebih banyak pilihan untuk pengobatan ketika kanker payudara ditemukan dini.

Apakah ada berbagai jenis mammogram?

  • Mammogram dilakukan untuk wanita yang tidak memiliki gejala kanker payudara. Ketika Anda mencapai usia 40, Anda harus memiliki mammogram setiap satu atau dua tahun.
  • Diagnostik mammogram dilakukan ketika seorang wanita memiliki gejala kanker payudara atau benjolan payudara. Mammogram ini butuh lebih lama dari screening mammogram karena lebih banyak gambar payudara diambil.
  • Digital mammogram mengambil gambar elektronik dari payudara dan menyimpannya langsung di komputer. Penelitian saat ini belum menunjukkan bahwa gambar digital lebih baik dalam menemukan kanker dari x-ray film.

Mammogram Prosedur

Anda berdiri di depan mesin x-ray khusus. Orang yang mengambil sinar-x, disebut teknolog radiologis, tempat payudara Anda (satu pada satu waktu) antara dua piring plastik. Pelat tekan payudara Anda untuk membuatnya datar. Anda akan merasakan tekanan pada payudara Anda selama beberapa detik. Hal itu dapat menyebabkan beberapa ketidaknyamanan Anda, Anda mungkin merasa diperas atau terjepit. Tapi, datar payudara Anda, semakin baik gambar. Paling sering, dua gambar diambil dari tiap payudara - satu dari samping dan satu dari atas. Sebuah mammogram memakan waktu sekitar 15 menit dari awal sampai akhir.

Implan Payudara dan Mammogram

Jika Anda memiliki implan payudara, pastikan untuk memberitahu fasilitas mamografi Anda bahwa Anda telah mereka ketika Anda membuat janji Anda. Anda akan memerlukan sebuah x-ray teknolog radiologis yang terlatih dalam x-raying pasien dengan implan. Hal ini penting karena implan payudara dapat menyembunyikan beberapa jaringan payudara, yang bisa membuat jika sulit bagi ahli radiologi untuk melihat kanker payudara ketika melihat mammogram Anda. Untuk alasan ini, untuk mengambil foto mammogram dari payudara dengan implan, teknisi x-ray lembut mungkin mengangkat jaringan payudara sedikit menjauh dari implan.

Seberapa Sering

  • Perempuan 40 tahun dan lebih tua harus mendapatkan mammogram setiap 1 sampai 2 tahun.
  • Wanita yang telah menderita kanker payudara atau masalah payudara lainnya atau yang memiliki riwayat keluarga kanker payudara, mungkin perlu untuk mulai mendapatkan mammogram sebelum usia 40 atau mereka mungkin perlu untuk membuat mereka lebih sering. Bicara dengan dokter tentang kapan mulai dan seberapa sering Anda harus memiliki mammogram.

Dimana

Pastikan untuk mendapatkan mammogram dari fasilitas disertifikasi oleh FDA. Tempat-tempat ini harus memenuhi standar yang tinggi untuk x-ray mereka mesin dan staf.
Dokter, klinik medis lokal, atau departemen kesehatan lokal atau negara dapat memberitahu Anda di mana untuk mendapatkan mammogram tanpa biaya atau berbiaya rendah.

Mempersiapkan sebuah Mamogram

Pertama, cek dengan tempat Anda mengalami mammogram untuk setiap instruksi khusus Anda mungkin perlu untuk mengikuti sebelum Anda pergi. Berikut adalah beberapa pedoman umum untuk mengikuti:
  • Membuat janji mammogram Anda selama satu minggu setelah periode Anda. Payudara Anda sakit kurang setelah periode Anda.
  • Jika Anda memiliki implan payudara, pastikan untuk memberitahu fasilitas mamografi Anda bahwa Anda telah mereka ketika Anda membuat janji Anda.
  • Kenakan kemeja dengan celana pendek, celana, atau rok. Dengan cara ini, Anda dapat membuka baju dari pinggang ke atas dan meninggalkan celana pendek Anda, celana, atau rok pada saat Anda mendapatkan mammogram Anda.
  • Jangan memakai apapun deodoran, parfum, lotion, atau bedak di bawah lengan atau di payudara Anda pada hari pengangkatan mammogram Anda. Hal-hal ini dapat membuat bayangan muncul pada mammogram Anda.

Masalah mammogram

Seperti halnya tes medis, mammogram memiliki batasan. Batasan ini mencakup:
  • Mereka hanya bagian dari pemeriksaan payudara lengkap. Dokter Anda juga harus melakukan pemeriksaan payudara klinis. Jika mammogram Anda menemukan sesuatu yang abnormal, dokter akan memesan tes lainnya.
  • "Negatif palsu" bisa terjadi. Ini semuanya berarti mungkin terlihat normal, tetapi kanker sebenarnya hadir. Negatif palsu tidak sering terjadi. Wanita muda lebih mungkin untuk memiliki mammogram negatif palsu dari wanita yang lebih tua. Hal ini karena jaringan payudara lebih padat, membuat kanker lebih sulit untuk spot.
  • "Positif palsu" bisa terjadi. Ini adalah ketika hasil mammogram terlihat seperti kanker hadir, meskipun tidak. Positif palsu lebih sering terjadi pada wanita yang lebih muda daripada wanita yang lebih tua.

No comments:

Post a Comment