Thursday, 2 February 2012


MATERI INTI 8
PEMBUATAN KARYA TULIS/KARYA ILMIAH BIDANG RADIOLOGI DAN IMEJING

I.          DESKRIPSI SINGKAT





II.       TUJUAN PEMBELAJARAN

A. Tujuan Pembelajaran Umum
Setelah mengikuti materi ini peserta mampu membuat karya tulis/karya ilmiah di bidang radiologi dan imejing

B.  Tujuan Pembelajaran Khusus
Setelah mengikuti materi ini peserta mampu:
1.   Menjelaskan tentang karya tulis/ karya ilmiah
2.   Membuat karya tulis/karya ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survey dan evaluasi di bidang radiologi dan imejing yang dipublikasikan:
a.   Dalam bentuk buku yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional
b.   Dalam bentuk majalah ilmiah yang diakui oleh LIPI
3.    Membuat karya tulis/karya ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survey dan evaluasi di bidang radiologi dan imejing  yang tidak dipublikasikan:
a.   Dalam bentuk buku
b.   Dalam bentuk makalah
4.   Membuat karya tulis/karya ilmiah berupa tinjauan atau ulasan ilmiah dengan gagasan sendiri di bidang radiologi dan imejing yang dipublikasikan:
a.   Dalam bentuk buku yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional
b.   Dalam bentuk majalah ilmiah yang diakui oleh LIPI
5.   Membuat karya tulis/karya ilmiah berupa tinjauan atau ulasan ilmiah dengan gagasan sendiri di bidang radiologi dn imejing yang tidak dipublikasikan:
a.  Dalam bentuk buku
b.  Dalam bentuk makalah
6.   Membuat tulisan ilmiah populer di bidang radiologi dan imejing yang disebarluaskan melalui media massa.
7.   Menyampaikan
prasaran berupa tinjauan, gagasan dan atau ulasan ilmiah di bidang kesehatan pada pertemuan ilmiah.

III.    POKOK BAHASAN
Dalam  modul ini akan dibahas pokok bahasan dan sub pokok bahasan sebagai berikut:

Pokok Bahasan 1. Karya Tulis/ilmiah:
a.  Pengertian
     b. Jenis-jenis/ragam karya tulis/ilmiah

Pokok Bahasan 2. Teknik penulisan karya tulis/ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survey dan evaluasi di bidang radiologi dan imejing yang dipublikasikan.
a.   Dalam bentuk buku yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional
b.   Dalam bentuk majalah ilmiah yang diakui oleh LIPI

Pokok Bahasan 3. Teknik membuat karya tulis/karya ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survey dan evaluasi di bidang radiologi dan imejing yang tidak dipublikasikan.
a.   Dalam bentuk buku
b.   Dalam bentuk makalah

Pokok Bahasan 4. Teknik membuat karya tulis/karya ilmiah berupa tinjauan atau ulasan ilmiah dengan gagasan sendiri di bidang radiologi dan imejing yang dipublikasikan.
a.   Dalam bentuk buku yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional
b.   Dalam bentuk majalah ilmiah yang diakui oleh LIPI

Pokok Bahasan 5. Teknik membuat karya tulis/karya ilmiah berupa tinjauan atau ulasan ilmiah dengan gagasan sendiri di bidang radiologi dan imejing yang tidak dipublikasikan.
a.  Dalam bentuk buku
b.  Dalam bentuk makalah

Pokok Bahasan 6. Teknik membuat tulisan ilmiah populer di bidang radiologi dan imejing yang disebarluaskan melalui media massa.

Pokok Bahasan 7. Teknik menyampaikan prasaran berupa tinjauan, gagasan dan atau ulasan ilmiah di bidang kesehatan pada pertemuan ilmiah.


IV.    METODE  PEMBELAJARAN
1.      CTJ
2.      Curah pendapat
3.      Latihan membuat karya tulis /ilmiah


V.       MEDIA DAN ALAT BANTU
1.   Bahan tayangan (Slide power point)
2.   Laptop
3.   LCD
4.   Flipchart
5.   White board
6.   Spidol (ATK)
7.   Panduan utk latihan


VI.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Berikut disampaikan langkah-langkah kegiatan dalam proses pembelajaran materi ini.

Sesi 1  :Pengkondisian Peserta


Langkah Proses Pembelajaran sbb:
·     Fasilitator menyapa peserta dan memperkenalkan diri
·     Menyampaikan tujuan pembelajaran dengan menggunakan bahan tayangan
·     Melakukan apersepsi tentang materi yang akan dibahas dengan metoda curah pendapat atau meminta beberapa peserta/relawan untuk menjawabnya


Langkah Proses Pembelajaran sebagai berikut:
·     Fasilitator menjelaskan tentang: Pengertian dan Jenis-jenis/ragam karya tulis/ilmiah, Teknik penulisan karya tulis/ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survey dan evaluasi di bidang radiologi dan imejing yang dipublikasikan, Teknik membuat karya tulis/karya ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survey dan evaluasi di bidang radiologi dan imejing yang tidak dipublikasikan, Teknik membuat karya tulis/karya ilmiah berupa tinjauan atau ulasan ilmiah dengan gagasan sendiri di bidang radiologi dan imejing yang dipublikasikan, Teknik membuat karya tulis/karya ilmiah berupa tinjauan atau ulasan ilmiah dengan gagasan sendiri di bidang radiologi dan imejing yang tidak dipublikasikan. Teknik membuat tulisan ilmiah populer di bidang radiologi dan imejing yang disebarluaskan melalui media massa, dan Teknik menyampaikan prasaran berupa tinjauan, gagasan dan atau ulasan ilmiah di bidang kesehatan pada pertemuan ilmiah,  menggunakan bahan tayangan, dengan metode ceramah, tanya jawab, latihan membuat karya tulis /ilmiah dan mengajak peserta untuk berpartisipasi serta berinteraksi dalam proses pembelajaran.

 

SESI 3     : Latihan membuat karya tulis/ilmiah

Langkah Proses Pembelajaran Sebagai Berikut:

·        Fasilitator membagi peserta ke dalam beberapa kelompok.
·        Fasilitator menjelaskan tata tertib penugasan dan membagikan lembar penugasan
·        Seluruh peserta melakukan tugas secara berkelompok.
·        Setiap kelompok mempresentasikan hasil latihan membuat karya tulis.
·        Fasilitator melakukan evaluasi hasil kerja kelompok.


SESI 4 : Penutup, Umpan Balik Dan Rangkuman


Langkah Proses Pembelajaran sebagai berikut:
·        Fasilitator merangkum atau melakukan pembulatan tentang pembahasan materi ini dengan mengajak seluruh peserta untuk melakukan refleksi/ umpan balik. Dilanjutkan dengan memberikan apresiasi atas keterlibatan aktif seluruh peserta.



VII. URAIAN MATERI

Pokok Bahasan 1. Karya Tulis/ilmiah:
a.  Pengertian
     b. Jenis-jenis/ragam karya tulis/ilmiah

Pokok Bahasan 2. Teknik penulisan karya tulis/ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survey dan evaluasi di bidang radiologi dan imejing yang dipublikasikan.
a.   Dalam bentuk buku yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional
b.   Dalam bentuk majalah ilmiah yang diakui oleh LIPI

Pokok Bahasan 3. Teknik membuat karya tulis/karya ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survey dan evaluasi di bidang radiologi dan imejing yang tidak dipublikasikan.
a.   Dalam bentuk buku
b.   Dalam bentuk makalah

Pokok Bahasan 4. Teknik membuat karya tulis/karya ilmiah berupa tinjauan atau ulasan ilmiah dengan gagasan sendiri di bidang radiologi dan imejing yang dipublikasikan.
a.   Dalam bentuk buku yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional
b.   Dalam bentuk majalah ilmiah yang diakui oleh LIPI

Pokok Bahasan 5. Teknik membuat karya tulis/karya ilmiah berupa tinjauan atau ulasan ilmiah dengan gagasan sendiri di bidang radiologi dan imejing yang tidak dipublikasikan.
a.  Dalam bentuk buku
b.  Dalam bentuk makalah

Pokok Bahasan 6. Teknik membuat tulisan ilmiah populer di bidang radiologi dan imejing yang disebarluaskan melalui media massa.

Pokok Bahasan 7. Teknik menyampaikan prasaran berupa tinjauan, gagasan dan atau ulasan ilmiah di bidang kesehatan pada pertemuan ilmiah.

Pokok Bahasan 1. Karya Tulis/ilmiah:
a.   Pengertian
Karangan yang dipersembahkan pada orang lain, dengan tujuan baik, dibaca dan dipahami oleh yg membaca, tersebar luas menjangkau sasaran, pokok bahasannya diminati pembacanya, menganut sistimatika baku sesuai ketentuan yg berlaku
Salah satu bentuk karya ilmiah yang mempunyai makna bagi orang lain untuk meningkatkan kemampuannya
karya ilmiah yang menerapkan teknik penulisan ilmiah
karya  ilmiah adalah tulisan/karya tulis ilmiah merupakan karya seseorang didasarkan atas kebenaran logika rasional dan kebenaran ilmiah. Berupa karya ilmiah hasil peneltian lapangan atau laboraturium dan karya ilmiah hasil ide atau inovasi baru, seperti berupa skrisi, tesis, desertasi, dan hasil penelitian lainnya serta artikel, jurnal, makalah, buku ajar, dan sejenisnya.

Konsep dan Karakteristik Karya Ilmiah
o     Ilmiah merupakan pernyataan empiris yang paling tinggi dari empat jenis kebenaran ilmiah sbb.
o     Kebenaran otoriter yaitu kebenaran pengetahuan yang diambil/berasal dari pernyataan tokoh yang berkuasa seperti raja, uskup, kepala adat, dan sejenisnya.
o     Kebenaran mistik yaitu kebenaran pengetahuan yang diambil/berasal dari pernyataan yang terkait dengan kepercayaan dengan hal-hal gaib seperti kepercayaan terhadap para dewa.
o     Kebenaran logika rasional yaitu kebenaran pengetahuan yang diambil/berasal dari kaidah dan prosedur logika formal atau pola pikir (rasional) manusia.
o     Kebenaran ilmiah yaitu kebenaran pengetahuan yang berasal dari gabungan dari suatu anggapan terhadap suatu permasalahan yang kemudian diuji datanya untuk menghasilkan pernyataan ilmiah dengan menggunakan prosedur atau metode ilmiah baik secara deduktif maupun induktif.
       Karya tulis ilmiah ialah karya tulis yang berasal dari hasil penelitian dan bukan hasil penelitian. Karya tulis ilmiah itu meliputi skripsi, tesis, desertasi, dan hasil penelitian lainnya serta artikel, jurnal, makalah, buku ajar, dan sejenisnya (Universitas Negeri Malang, 2000). Melalui penulisan karya ilmiah diharapkan penulis dapat mengkomunikasikan informasi baru, gagasan, kajian, dah atau hasil penelitian kepada orang lain.


b.   Jenis-jenis/ragam karya tulis/ilmiah

Karya tulis
         Uraian tentang kegiatan, temuan, informasi
         Berasal dari fakta (data primer, sekunder)
         Disajikan untuk tujuan dan sasaran tertentu
         Dapat dimanfaatkan olehlain
         Jenisnya: KT Ilmiah dan KT non ilmiah
Karya tulis ilmiah
         Karya tulis yg disusun berdasarkan pendekatan atau metode ilmiah
         Ditujukan untuk kelompok tertentu
         Dilakukan secara sistimatik (mengikuti langkah-langkah penelitian
         Dilakukan oleh masy ttt: laporan penelitian, resensi, artikel, berita
         Dilakukan oleh kalangan pendidikan: makalah semesteran, skripsi, tesis, disertasi
Paper
         Karya ilmiah yang berisikan ringkasan atau resume dari mata diklat tertentu
         Tujuannya untuk melatih peserta pelatihan untuk mengambil intisari dari materi yg disampaikan
         Tulisannya sederhana (bisa hanya berupa point-point yang dianggap penting dan dirangkai menjadi satu  karya tulis agar mudah dipahami)
Makalah ilmiah
         Karya tulis yang disusun berdasarkan informasi, data, atau hasil penelitian
         Ditujukan untuk kalangan tertentu dan pada kejadian tertentu juga
         Dapat digunakan sebagai masukan untuk keputusan yang akan diambil oleh pembaca
Makalah semesterial
         Disebut juga Diktat
         Biasanya disusun oleh fasilitator, dosen
         Tujuannya berhubungan dengan kegiatan pembelajaran (pendidkan atau pelatihan) yaitu untuk mengembangkan kemampuan analisis peserta latih/ mahasiswa
         Rangkuman dari keseluruhan paket pembelajaran untuk periode tertentu
Laporan hasil penelitian
         Salah satu bentuk karya tulis ilmiah cara penulisannya relatif singkat
         Hasil dari kegiatan: percobaan, pengamatan, pelaksanaan pekerjaan
Jurnal penelitian
         Buku yang berisi karya ilmiah yang terdiri dari hasil penelitian dan resensi buku
         Diterbitkan secara teratur
         Mendapatkan nomor International Standar Seriar Number (ISSN)
         Pemuatannya, lebih dipadatkan shg lebih efisien namun tetap menggunakan prinsip2 berfikir ilmiah
Buku panduan
         Salah satu bentuk karya tulis ilmiah yang bukan merupakan hasil penelitian ttp ringkasan dari satu mata ajar/ mata diklat
         Tujuan utamanya adalah memberikan panduan kepada sasaran
Buku pegangan (handbook)
         Salah satu bentuk karya tulis ilmiah yang bertujuan memberikan petunjuk cara
         Misalnya: buku cara penggunaan pengisian data secara elektronik, buku penggunaan alat laboratorium
         Lebih menitikberatkan pada pengertian ilmiah—juknis untuk praktik
Makalah seminar
         Jenisnya: naskag seminar dan naskah bersambung
         Naskah seminar: Uraian dari topik permasalahan dan disampaikan dalam suatu seminar
         Dikembangkan berdasarkan hasil penelitian atau pemikiran murni
         Naskah bersambung: sama dgn naskah seminar—bersambung (jurnal karya ilmiah)
Resensi
         Tulisan tentang timbangan buku
         Mengulas tentang baik/ buruk kualitas suatu karya tulis
         Tulisan yang memberikan penilaian thd suatu buku
         Salah satu upaya menghargai tulisan/ karya orang lain—dgn cara memberi komentar
         Salah satu upaya memperkenalkan suatu buku kpd orang lain
         Mengungkapkan juga uraian perbandingan dengan karya lainnya yg sejenis
Artikel dan berita
         Karangan (bhs Inggris), karangan di surat kabar, majalah, media cetak (bhs Indonesia)
         Menampung gagasan/ ide/ opini (bisa murni atau sumber lain)
         Sebuah karangan faktual (non fiksi) ttg suatu masalah scr lengkap ttp tdk terlalu panjang dan dimuat di surat kabar, majalah, buletin
Tujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta guna meyakinkan, mendidik, menawarkan suatu solusi


Pokok Bahasan 2. Teknik penulisan karya tulis/ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survey dan evaluasi di bidang radiologi dan imejing yang dipublikasikan.
c.    Dalam bentuk buku yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional
d.  Dalam bentuk majalah ilmiah yang diakui oleh LIPI

Pokok Bahasan 3. Teknik membuat karya tulis/karya ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survey dan evaluasi di bidang radiologi dan imejing yang tidak dipublikasikan.
c.    Dalam bentuk buku

d.  Dalam bentuk makalah

PENULISAN ARTIKEL ILMIAH
Hal penting
o     PILIH JUDUL YANG SINGKAT, TEPAT, DAN JELAS, MENGGAMBARKAN ISI ARTIKEL
o     ABSTRAK DILIHAT PERTAMA, KARENANYA HRS JELAS BUTIR-2 PENTING ARTIKEL
o     MINTA TANGGAPAN TTG NASKAH KPD TEMAN YG KUASAI BAHASA YG DIGUNAKAN
o     ILUSTRASI HARUS DALAM SLIDE BERWARNA 35 MM/FOTO BW
o     KEPUSTAKAAN YG DIRUJUK HRS LENGKAP
o     JANGAN MEMBUAT PERUBAHAN BESAR PADA PROOFS
Pendahuluan
o     SUMBER: HSL LIT, TINJ PUSTAKA/ KOMENTAR THDP ARTIKEL ILMIAH LAIN
o     TIDAK MUDAH, BUTUH KETEKUNAN & KEMAUAN KERAS
o     HRS MENTAATI ETIKA PENULISAN
Persiapan pembuatan naskah ilmiah
  1. PEDOMAN KE MANA ARTIKEL AKAN DIKIRIMKAN
  2. KETIK PD KERTAS PUTIH A4 & MARGIN 25 MM
  3. KETIK PD 1 BAGIAN HAL, JANGAN BOLAK-BALIK
  4. 2 SPASI UNTUK SELURUH NASKAH
  5. HAL SENDIRI: JUDUL, ABSTRAK, KATA KUNCI, NARASI, UCAPAN TK, KEPUSTAKAAN, TIAP TABEL, DAN LEGENDS
  6. TIAP HAL DIBERI NOMOR BERURUTAN PADA SUDUT KANAN BAWAH ATAU ATAS
  7. SIAPKAN HARD COPY & DISKET
Halaman judul
  1. HARUS MENGGAMBARKAN ISI & SESUAI TUJUAN
  2. MELIPUTI:
    1. JUDUL ARTIKEL (SINGKAT, JELAS & INFORMATIF)
    2. NAMA TIAP PENULIS (GELAR PENDIDIKAN)
    3. NAMA & ALAMAT INSTITUSI TEMPAT KERJA
    4. NAMA, ALAMAT, TELEPON, E-MAIL PENULIS UNTUK TUJUAN KORESPONDENSI & PERMINTAAN REPRINTS DLM KAITANNYA DENGAN NASKAH
    5. SUMBER PENYANDANG DANA BAIK DALAM BENTUK DANA, ALAT, MAUPUN OBAT-OBATAN
  3. Ilustrasi judul (Sumber Soedigdo)
  4. Badu ingin membuka kios yang menjual ikan. Apa nama kios tersebut???
  5. Di sini dijual ikan segar
  6. Tidak perlu kata Di sini, karena sudah jelas bukan di pasar
  7. Dijual ikan segar
  8. Tidak perlu kata Dijual, karena bukan dibagikan gratis
  9. Ikan segar
  10. Tidak perlu kata Segar, karena bukan ikan busuk
  11. Ikan
  12. Tidak perlu kata Ikan, karena sudah jelas Ikan bukan buah
  13. ???
Hak sebagai penulis (authorship)
  1. URUTAN & PENCANTUMAN NAMA HARUS KESEPAKATAN
  2. HRS MEMPUNYAI CUKUP PERAN DLM PENULISAN
  3. DIDSRKAN KONTRIBUSI DLM SUBSTANSI TULISAN
  4. TDK BERHAK à HANYA DIDASARKAN KONTRIBUSI PEMBIAYAAN, PENGUMPULAN DATA, & SUPERVISI
  5. NASKAH KOLEKTIF HRS MENYEBUTKAN PENULIS-2 KUNCI YG BERTJAWAB ATAS ISI TULISAN ARTIKEL
  6. PIHAK-2 LAIN YG MEMBANTU DLM PEKERJAAN DPT DISEBUTKAN TERSENDIRI DLM UCAPAN TK
  7. SERINGKALI PARA EDITOR JURNAL ILMIAH MERASA PERLU MEMINTA BUKTI/T. TANGAN PERSETUJUAN PARA PENULIS
Abstrak
  1. JELAS MENYAJIKAN BUTIR-2/HAL-2 YG PENTING DI DALAM NASKAH & TERDIRI DARI 200-250 KATA
  2. PERLU DINYATAKAN TUJ. PENULISAN
  3. JIKA MRPKN TULISAN MENGENAI HSL LIT HRS ADA LATAR BELAKANG, TUJUAN, METODE & KES
  4. ABSTRAK DLM NEGERI BERBAHASA INGGRIS BILA ARTIKELNYA BAHASA INDONESIA/SEBALIKNYA
  5. PERLU DIIDENTIFIKASI 3-8 KATA KUNCI
  6. KATA KUNCI MENGACU PADA DAFTAR JUDUL SUBYEK MEDIK (MEDICAL SUBJECT HEADINGS = MESH) DARI INDEX MEDICUS
  7. APABILA TIDAK DITEMUKAN ISTILAH MESH YANG TEPAT, BISA DIGUNAKAN ISTILAH LAIN
Narasi
  1. HASIL PENGAMATAN/EKSPERIMEN à DIBAGI DLM BAGIAN PEND, MET, HSL, PEMBHSN, KES & SRN
  2. ARTIKEL PANJANG DPT DIBAGI à SUB-2 JUDUL
  3. KASUS, TINJ, & EDITORIAL BUTUH FORMAT LAIN
  4. PENULIS PERLU MEMPERHATIKAN PERSYARATAN YANG DITETAPKAN OLEH MASING-2 JURNAL
  5. RINGKAS, BERISI, KARENA KETERBATASAN HAL
  6. NASKAH DALAM BAHASA ASING, KONSULTASI KPD AHLINYA UNTUK MEMPERBAIKI TULISAN
  7. PENULIS HENDAKNYA BERPIKIR DARI SISI PEMBACA SEHINGGA MEMBUAT PEMBACA TERTARIK
Isi artikel
  1. PENDAHULUAN
  2. METODE
  3. HASIL
  4. PEMBAHASAN
  5. KESIMPULAN DAN SARAN
  6. ILUSTRASI / GAMBAR
  7. KEPUSTAKAAN
  8. UCAPAN TERIMA KASIH
CETAKAN PERCOBAAN (PROOFS)
  1. BILA NASKAH DITERIMA, MAKA PENULIS AKAN MENERIMA PROOFS UNTUK DIKOREKSI SECEPATNYA SESUAI SYARAT EDITORIAL
  2. PROOFS: TAMPILAN PERCETAKAN THDP NASKAH YG DIEDIT, & MUNGKIN ADA KESALAHAN
  3. PROOFS TDK U/ DITAMBAH/DIUBAH KARENA ADA PEMIKIRAN BARU/PERTIMBANGAN BARU


Pokok Bahasan 4. Teknik membuat karya tulis/karya ilmiah berupa tinjauan atau ulasan ilmiah dengan gagasan sendiri di bidang radiologi dan imejing yang dipublikasikan.
c.    Dalam bentuk buku yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional
d.  Dalam bentuk majalah ilmiah yang diakui oleh LIPI

Pokok Bahasan 5. Teknik membuat karya tulis/karya ilmiah berupa tinjauan atau ulasan ilmiah dengan gagasan sendiri di bidang radiologi dan imejing yang tidak dipublikasikan.
a.  Dalam bentuk buku
b.  Dalam bentuk makalah

Pokok Bahasan 6. Teknik membuat tulisan ilmiah populer di bidang radiologi dan imejing yang disebarluaskan melalui media massa.
PENULISAN ARTIKEL ILMIAH
Hal penting
o     PILIH JUDUL YANG SINGKAT, TEPAT, DAN JELAS, MENGGAMBARKAN ISI ARTIKEL
o     ABSTRAK DILIHAT PERTAMA, KARENANYA HRS JELAS BUTIR-2 PENTING ARTIKEL
o     MINTA TANGGAPAN TTG NASKAH KPD TEMAN YG KUASAI BAHASA YG DIGUNAKAN
o     ILUSTRASI HARUS DALAM SLIDE BERWARNA 35 MM/FOTO BW
o     KEPUSTAKAAN YG DIRUJUK HRS LENGKAP
o     JANGAN MEMBUAT PERUBAHAN BESAR PADA PROOFS
Pendahuluan
o     SUMBER: HSL LIT, TINJ PUSTAKA/ KOMENTAR THDP ARTIKEL ILMIAH LAIN
o     TIDAK MUDAH, BUTUH KETEKUNAN & KEMAUAN KERAS
o     HRS MENTAATI ETIKA PENULISAN
Persiapan pembuatan naskah ilmiah
  1. PEDOMAN KE MANA ARTIKEL AKAN DIKIRIMKAN
  2. KETIK PD KERTAS PUTIH A4 & MARGIN 25 MM
  3. KETIK PD 1 BAGIAN HAL, JANGAN BOLAK-BALIK
  4. 2 SPASI UNTUK SELURUH NASKAH
  5. HAL SENDIRI: JUDUL, ABSTRAK, KATA KUNCI, NARASI, UCAPAN TK, KEPUSTAKAAN, TIAP TABEL, DAN LEGENDS
  6. TIAP HAL DIBERI NOMOR BERURUTAN PADA SUDUT KANAN BAWAH ATAU ATAS
  7. SIAPKAN HARD COPY & DISKET
Isi artikel
  1. PENDAHULUAN
  2. METODE
  3. HASIL
  4. PEMBAHASAN
  5. KESIMPULAN DAN SARAN
  6. ILUSTRASI / GAMBAR
  7. KEPUSTAKAAN
  8. UCAPAN TERIMA KASIH

Halaman judul
  1. HARUS MENGGAMBARKAN ISI & SESUAI TUJUAN
  2. MELIPUTI:
    1. JUDUL ARTIKEL (SINGKAT, JELAS & INFORMATIF)
    2. NAMA TIAP PENULIS (GELAR PENDIDIKAN)
    3. NAMA & ALAMAT INSTITUSI TEMPAT KERJA
    4. NAMA, ALAMAT, TELEPON, E-MAIL PENULIS UNTUK TUJUAN KORESPONDENSI & PERMINTAAN REPRINTS DLM KAITANNYA DENGAN NASKAH
    5. SUMBER PENYANDANG DANA BAIK DALAM BENTUK DANA, ALAT, MAUPUN OBAT-OBATAN
  3. Ilustrasi judul (Sumber Soedigdo)
  4. Badu ingin membuka kios yang menjual ikan. Apa nama kios tersebut???
  5. Di sini dijual ikan segar
  6. Tidak perlu kata Di sini, karena sudah jelas bukan di pasar
  7. Dijual ikan segar
  8. Tidak perlu kata Dijual, karena bukan dibagikan gratis
  9. Ikan segar
  10. Tidak perlu kata Segar, karena bukan ikan busuk
  11. Ikan
  12. Tidak perlu kata Ikan, karena sudah jelas Ikan bukan buah
  13. ???
Hak sebagai penulis (authorship)
  1. URUTAN & PENCANTUMAN NAMA HARUS KESEPAKATAN
  2. HRS MEMPUNYAI CUKUP PERAN DLM PENULISAN
  3. DIDSRKAN KONTRIBUSI DLM SUBSTANSI TULISAN
  4. TDK BERHAK à HANYA DIDASARKAN KONTRIBUSI PEMBIAYAAN, PENGUMPULAN DATA, & SUPERVISI
  5. NASKAH KOLEKTIF HRS MENYEBUTKAN PENULIS-2 KUNCI YG BERTJAWAB ATAS ISI TULISAN ARTIKEL
  6. PIHAK-2 LAIN YG MEMBANTU DLM PEKERJAAN DPT DISEBUTKAN TERSENDIRI DLM UCAPAN TK
  7. SERINGKALI PARA EDITOR JURNAL ILMIAH MERASA PERLU MEMINTA BUKTI/T. TANGAN PERSETUJUAN PARA PENULIS
Abstrak
  1. JELAS MENYAJIKAN BUTIR-2/HAL-2 YG PENTING DI DALAM NASKAH & TERDIRI DARI 200-250 KATA
  2. PERLU DINYATAKAN Tujuan PENULISAN
  3. JIKA MRPKN TULISAN MENGENAI HSL LIT HRS ADA LATAR BELAKANG, TUJUAN, METODE & KES
  4. ABSTRAK DLM NEGERI BERBAHASA INGGRIS BILA ARTIKELNYA BAHASA INDONESIA/SEBALIKNYA
  5. PERLU DIIDENTIFIKASI 3-8 KATA KUNCI
  6. KATA KUNCI MENGACU PADA DAFTAR JUDUL SUBYEK MEDIK (MEDICAL SUBJECT HEADINGS = MESH) DARI INDEX MEDICUS
  7. APABILA TIDAK DITEMUKAN ISTILAH MESH YANG TEPAT, BISA DIGUNAKAN ISTILAH LAIN
Narasi
  1. HASIL PENGAMATAN/EKSPERIMEN à DIBAGI DLM BAGIAN PEND, MET, HSL, PEMBHSN, KES & SRN
  2. ARTIKEL PANJANG DPT DIBAGI à SUB-2 JUDUL
  3. KASUS, TINJ, & EDITORIAL BUTUH FORMAT LAIN
  4. PENULIS PERLU MEMPERHATIKAN PERSYARATAN YANG DITETAPKAN OLEH MASING-2 JURNAL
  5. RINGKAS, BERISI, KARENA KETERBATASAN HAL
  6. NASKAH DALAM BAHASA ASING, KONSULTASI KPD AHLINYA UNTUK MEMPERBAIKI TULISAN
  7. PENULIS HENDAKNYA BERPIKIR DARI SISI PEMBACA SEHINGGA MEMBUAT PEMBACA TERTARIK
Isi artikel
  1. PENDAHULUAN
  2. METODE
  3. HASIL
  4. PEMBAHASAN
  5. KESIMPULAN DAN SARAN
  6. ILUSTRASI / GAMBAR
  7. KEPUSTAKAAN
  8. UCAPAN TERIMA KASIH
CETAKAN PERCOBAAN (PROOFS)
  1. BILA NASKAH DITERIMA, MAKA PENULIS AKAN MENERIMA PROOFS UNTUK DIKOREKSI SECEPATNYA SESUAI SYARAT EDITORIAL
  2. PROOFS: TAMPILAN PERCETAKAN THDP NASKAH YG DIEDIT, & MUNGKIN ADA KESALAHAN
  3. PROOFS TDK U/ DITAMBAH/DIUBAH KARENA ADA PEMIKIRAN BARU/PERTIMBANGAN BARU

Pokok Bahasan 7. Teknik menyampaikan prasaran berupa tinjauan, gagasan dan atau ulasan ilmiah di bidang kesehatan pada pertemuan ilmiah.

         Jenisnya: naskag seminar dan naskah bersambung
         Naskah seminar: Uraian dari topik permasalahan dan disampaikan dalam suatu seminar
         Dikembangkan berdasarkan hasil penelitian atau pemikiran murni
         Naskah bersambung: sama dgn naskah seminar—bersambung (jurnal karya ilmiah)



VIII.         REFERENSI





IX.     LAMPIRAN
Panduan untuk lati

No comments:

Post a Comment