Grid merupakan alat
untuk mengurangi atau mengeliminasi radiasi hambur agar jangan sampai ke
film.grid terdiri dari lajur-lajur lapisan tipis timbal yang disusun selang-seling
di antara bahan-bahan yang tembus radiasi misalnya plastik.
Grid menurut konstruksinya
terbagi atas
1. Grid linear
Grid linear ini disebut juga grid paralel karena
lempengan –lempengan timbal yang satu dengan yangn lain tersusun paralel.
Gambar .Konstruksi
grid linear (Meredith,1972)
2. Grid fokus
Grid fokus adalah grid yang garis timbalnya
berangsur-angsur miring dari pusat ke tepi sehingga titik perpotongannya
bertemu di titik fokus. Grid jenis ini
menutupi kekirangan grid jenis linear .
Gambar.Konstruksi Grid
Fokus ( Meredith,1972 )
3.Pseudo fokus grid
Grid jenis ini seperti konstruksi linear akan
tetapi ketinggian lempengan timbalnya dari tepi ke tengah.semakin tinggi,sehingga
sinar oblik masih dapat melewati grid untuk sampai ke film
Gambar.Konstruksi Pseudo Grid ( Meredith,1972 )
4. Grid silang
Merupakan dua garis paralel yang seolah-olah
ditimpuk menyilang dengan garis lempengan dengan timbale saling tegak
lurus,sehingga sangat efektif menyerap radiasi hambur
Gambar.Konstruksi Grid
silang ( Meredith,1972 )
Kesalahan-kesalahan dalam
penggunan Grid
1. Off- level
Bila pemasangan grid pada kaset rata membentuk
sudut terhadap sumber sinar-x.Off level dapat terjadi pada grid linear
Gambar. Off level (Christensen,S.1984 )
2. Off center
Bila pengaturan grid tidak tepat pada pertengahan
film atau titik aksis lampu kolimator tidak dapat jatuh pada pertengahan grid
.Off centre dapat terjadi pada grid linear dan grid fokus .
Gambar. Off Center
(Christensen,S.1984 )
3.
Off fokus
Kesalah
ini diakibatkan oleh pengaturan jarak antara fokus dengan grid apakah itu lenih
kecil ataupun lebih besar .Off fokus dapat terjadi pada grid linear dan grid
fokus
Gambar. Off Fokus (Christensen,S.1984 )
4.
up side down (terbalik)
Pemasangan
grid pada permukaan kaset secara terbalik.up side down dapat terjadi pada grid
fokus .
Gambar. up side down (Christensen,S.1984 )
No comments:
Post a Comment